PROGRAM STUDI
ILMU KOMUNIKASI
S1
Lulusan program studi ini dapat berkarir sebagai:
Marketing Communication Officer, Konseptor Komunikasi Pemasaran, Account executive, Konsultan Komunikasi, Media Relations Officer, Business Analyst, Data Analyst, Corporate Communication Manager, Public Relations Officer.
Profil Lulusan
1. Marketing Communication Officer
Sarjana ilmu komunikasi yang mampu merancang, memproduksi dan mengevaluasi program komunikasi pemasaran pada lembaga pemerintahan maupun swasta, mampu menggunakan media komunikasi dalam menyampaikan pesan yang bersifat persuasif, mempengaruhi dan mengubah perilaku konsumen, mampu memproduksi konten kreatif dalam bentuk desain visual dan desain grafis, mampu menggunakan promotion tools dalam komunikasi dan memiliki pengetahuan tentang etika komunikasi.
2. Public Relations Officer
Sarjana ilmu komunikasi yang mampu merancang, memproduksi dan mengevaluasi program komunikasi dalam pembentukan reputasi pada lembaga pemerintahan maupun swasta, mampu memahami fungsi public relations, memproduksi konten publikasi media sosial, memahami pengembangan jaringan media, mampu melakukan teknik negosiasi dan lobbying, memiliki keterampilan beretorika dan public speaking, mampu merancang program corporate social responsibility, memiliki pengetahuan tentang etika berkomunikasi di real space maupun virtual space, memiliki keterampilan menangani krisis dan menguasai teknologi komunikasi dan informasi di era digital.
3. Data Analyst
Sarjana ilmu komunikasi yang mampu melakukan riset data, pengolahan, identifikasi, analisis dan laporan data hasil program komunikasi atau penelitian untuk pengembangan strategi perusahaan.
Mata Kuliah
- Religiositas
- Kebangsaan
- Bahasa Indonesia
- Pengembangan Diri
- Bahasa Inggris 1 & 2
- Critical and Creative Thinking
- Sosiologi Komunikasi
- Pengantar Ilmu Komunikasi
- Teori Komunikasi
- Psikologi Komunikasi
- Komunikasi Antar Pribadi
- Komunikasi Persuasif
- Komunikasi Antar Budaya
- Etika dan Filsafat Komunikasi
- Academic Writing
- Komunikasi Organisasi
- Komunikasi Massa
- Photography
- Desktop Publishing
- Teknologi Informasi dan New Media
- Digital Public Relations
- Integrated Marketing Communication (IMC)
- Brand Management
- Crisis Management
- Komunikasi Visual 1 & 2
- Digital Marketing Communication
- Statistika
- Customer Relations
- Creative Advertising
- Data Analytic
- Media Relations
- Corporate Social Responsibility (CSR)
- Creative Entrepreneurship
- Metode Penelitian Kuantitatif
- Metode Penelitian Kualitatif
- Seminar Proposal Rencana Penelitian
- Jurnalistik
- Stakeholder Relations
- Event Marketing Management
- Social Media Marketing
- Produksi Media Digital
- Penulisan Naskah Iklan
- Netnografi Komunikasi
- Hermeneutika
- Produksi Konten Digital
- Cinematography
- Strategi Komunikasi Korporasi
- Komunikasi Kesehatan
- Ekonomi Politik/ Komunikasi Politik
- Pelayanan Sosial dan Advokasi
- Kuliah Praktik
- Tugas Akhir