Perayaan Ekaristi dalam rangka menyambut Semester Gasal Tahun Akademik 2024-2025 diadakan pada hari Jumat, 20 September 2024 di Aula Maria Bintang Samudera, Kampus STARKI. Perayaan Ekaristi diikuti oleh sekitar 150 orang mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan dengan penuh khidmat dan syukur. Perayaan Ekaristi ini menjadi momen penting untuk memohon penyertaan dan berkat Tuhan dalam setiap langkah perjalanan akademis yang akan ditempuh oleh seluruh sivitas akademika STARKI. Kegiatan ini tidak hanya menjadi momen spiritual, namun juga merupakan wujud dari nilai keutamaan Tarakanita, yaitu Celebration dan Community. Sebagai bentuk perwujudan nilai Celebration, Perayaan Ekaristi adalah kesempatan bagi seluruh sivitas akademika untuk bersyukur atas berkat yang diterima, sekaligus merayakan awal dari perjalanan akademik baru dengan penuh harapan. Sedangkan nilai Community, karena perayaan ini mempertemukan setiap individu dalam satu komunitas yang utuh, memperkuat ikatan persaudaraan dan kebersamaan yang dibangun atas dasar iman dan kasih.

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Romo Frans Kristi Adi Prasetyo Pr., yang akrab disapa Romo Kristi dengan dibantu petugas liturgi yaitu misdinar, lektor dan grup paduan suara dari Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) dan Tarakanita Voice. Bertepatan dengan perayaan wajib Santo Andreas Kim Tae-gon dan martir-martir dari Korea Selatan, Romo Kristi yang juga merupakan Sekretaris Eksekutif Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia berpesan pada orang muda di Starki agar dapat mengambil inspirasi bukan hanya dari aktor/aktris drama Korea atau idol Korea. Namun, di balik budaya populer Korea ada juga inspirasi dari kisah nyata Santo Andreas Kim Tae-gon yang mengajarkan sejarah tentang keberanian, pengorbanan, dan keteguhan iman. Selain itu, dalam homilinya, Romo Kristi mengutip pesan dari Bapa Paus dalam khotbahnya di Gelora Bung Karno pada tanggal 5 September 2024, “FATE CHIASSO!” yang artinya buatlah kebisingan/ gemuruh. Romo Kristi berpesan agar Starkizen membuat kebisingan. Bising dengan prestasi, bising dengan hal-hal yang positif, bising untuk berbagi kasih dan kebaikan.

Dengan berakhirnya Perayaan Ekaristi, seluruh sivitas akademika menyambut semester baru tahun akademik 2024-2025 dengan doa dan harapan yang mendalam. Bersama, kita memasuki tahun akademik 2024-2025 dengan keyakinan bahwa segala usaha kita akan diberkati dan dipimpin oleh kasih Tuhan.

Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *