Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi STARKI semester 4 menyelenggarakan Workshop Mastering Social Media Content Management. Workshop ini dihadiri oleh 50 siswa/i perwakilan dari 10 sekolah di Jabodetabek, antara lain adalah SMA Ignatius Slamet Riyadi Jakarta, SMA Mardi Yuana Depok, SMK BPS&K 2 Jakarta, SMK Tarakanita Jakarta, SMA 8 Depok, SMK Strada Budi Luhur Bekasi, SMA Mardi Waluya Cibinong Bogor, SMA PSKD 7 Depok, SMAN 1 Depok dan SMK Ghama Cakara. Antusiasme para siswa/i terlihat jelas dalam mengikuti workshop yang diadakan secara online melalui zoommeeting pada 25 Mei 2024 lalu.
Workshop ini merupakan tugas project mata kuliah Public Relations. Workshop ini digelar sebagai bentuk respons terhadap perkembangan media sosial yang kian pesat dan peran pentingnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi generasi muda. Di era digital ini, kemampuan dalam mengelola media sosial secara efektif dan kreatif menjadi sebuah keharusan, baik untuk kepentingan pribadi maupun organisasi. Selain sebagai dosen pengampu mata kuliah Public Relations, Stephanie Bella Saputri, M.Ikom, C.PS, C.CC., turut hadir sebagai pembicara dalam workshop tersebut. Beliau berharap diadakannya workshop ini guna membekali siswa/i dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola media sosial lebih kreatif dan efektif. Selain itu, berharap peserta dapat memanfaatkan media sosial untuk berbagai keperluan positif, seperti personal branding, mempromosikan organisasi atau bahkan menghasilkan karya kreatif.
Workshop yang bertajuk P2P (Plan to Post): Mastering Social Media Content Management dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga 13.50 WIB. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi STARKI dan Ketua Pelaksana Workshop P2P. Dalam sambutannya, Kaprodi Ilmu Komunikasi menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti workshop ini. Ia juga berharap agar workshop ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para peserta. Para siswa/i dari berbagai sekolah ini hadir menunjukkan semangat yang tinggi untuk mempelajari cara mengelola media sosial secara efektif dan kreatif. Mereka aktif mengikuti seluruh sesi mulai dari pemaparan materi dan tanya jawab mengenai mindset content creator, tips menggali ide konten dengan memanfaatkan tools AI, tips konten agar bisa viral serta pentingnya membuat content planner dan script content hingga sesi praktik yakni menyusun content planner melalui breakout room yang didampingi oleh para PIC selama sejam.
Workshop ini ditutup dengan pengumuman pemenang games dan dokumentasi. Acara ini berlangsung dengan lancar dan mendapatkan antusiasme tinggi dari para peserta. Salah sayu peserta, Azka dari OSIS SMK BPS&K2 Jakarta, menyampaikan feedback positifnya. Ia mengucapkan terima kasih kepada para mahahasiswa STARKI dan pembicara atas diselenggarakan workshop ini, juga atas ilmu dan pengetahuan yang telah dibagikan. Ia pun berharap bisa berjumpa kembali di lain kesempatan.
Keterlibatan berbagai sekolah ini menunjukkan besarnya minat para siswa/I untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola media sosial dan menggali ide konten yang kreatif. Harapannya dengan diselenggarakan workshop ini, peserta dapat mengaplikasikannya dan memanfaatkannya di OSIS, sekolah dan kepentingan pribadi kedepannya. Selain itu, dapat menjalin relasi yang lebih erat dengan SMA/SMK di Jabodetabek serta STARKI dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.