Pada hari Sabtu, 29 Januari 2022  Pukul 08.30-12.00  STARKI mengadakan Webinar Pengembangan Kepribadian dengan tema “Profesionalisme di Dunia Kerja”.Webinar Pengembangan Kepribadian ini hadir untuk memberi bekal dan semangat agar para mahasiswi STARKI yang sedang atau akan melaksanakan Kuliah Praktek atau Praktek Kerja Industri dapat menjalankannya dengan baik. Peserta yang hadir pada webinar ini sejumlah lebih dari 200 mahasiswi STARKI, Program Studi Ilmu Komunikasi dan juga Program Studi Administrasi Perkantoran.

Webinar ini diadakan dengan tujuan untuk menambah wawasan para peserta agar dapat  memiliki sikap profesional, dapat memposisikan diri agar mampu memahami tugas dan tanggung jawab, membangun hubungan dan relasi yang baik, serta memiliki integritas dalam pekerjaannya.

Webinar ini mengundang Bapak Yedda Prada Teruna sebagai narasumber. Beliau saat ini bekerja sebagai HR Specialist di Multinational Oil & Gas Company. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa profesionalisme di dunia kerja sangat penting. Pengertian profesionalisme itu sendiri yaitu sebuah sikap kerja atau perilaku individu dalam bekerja. Banyak wejangan yang diberikan oleh narasumber untuk menunjukkan perilaku dari seorang yang memiliki sikap profesional dalam  pekerjaan, antara lain adalah dengan selalu bersikap jujur dan bertanggung jawab. Beliau juga memberi tahu para peserta webinar kebisaan dari seorang profesional yakni productive, accountable, initiative, critical thinking, seek resolution to conflict, punctual and have positive attitude.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab melalui interaksi langsung maupun dengan pertanyaan di kolom chat. Banyak mahasiswa yang bertanya hal praktis seputar magang untuk mendapatkan tips maupun pendapat dari pengetahuan dan pengalaman narasumber.

Setelah sesi dengan Bapak Yedda, kegiatan dilanjutkan dengan sesi sharing oleh kakak alumni. Panitia mengundang 2 orang alumni yaitu Kak Shabrina Amanati Mazaya, alumni D-3 Program Studi Administrasi Perkantoran untuk berbagi dengan mahasiswa D-3, dan Kak Elisabeth Pauline, alumni S-1 Program Studi Ilmu Komunikasi untuk berbagi kepada mahasiswa S-1.

Kak Shabrina menyampaikan pengalaman kerja sebagai seorang secretary to vice president selama 5 tahun di Telkomsel. Ia juga membagikan tips dan trik bagaimana menjadi SMART WORKER, yakni dengan bekerja menggunakan skala prioritas, handal dalam pengaturan waktu, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, mengenal rekan kerja sehingga terhindar dari segala perselisihan, dan yang terakhir adalah mengatahui batas kemampuan diri.

Sedangkan sesi sharing bersama Kak Elisabeth Pauline juga berlangsung seru. Selain menyampaikan pengalaman kerjanya, ia juga memberikan banyak wejangan untuk para mahasiswa agar tidak menjadi pekerja pasif tapi aktif agar memiliki jenjang karir yang bagus.

Kak Elisabeth juga turut menyampaikan bahwa hal wajib yang harus dimiliki calon pekerja adalah sifat kejujuran dan keterbukaan serta memiliki sifat tangung jawab dengan disiplin. Kita juga harus mengatur waktu yang baik, memisahkan yang penting dan tidak penting agar hasil kerja keras yang kita usahakan dapat menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan ekspetasi.

Rangkaian kegiatan webinar dan sharing session ini ditutup dengan Acara Pelepasan Praktek Kerja Industri yang dipimpin oleh Dr. Agustinus Rustanta, S.Pd., M.Si. selaku Wakil Ketua 1 Bidang Akademik STIKS Tarakanita  dan dipandu oleh Ibu Maria Estri Wahyuningsih, M.Pd selaku Ketua Prodi Sekretari. Sebanyak 129 mahasiswa dari Program Studi Administrasi Perkantoran angkatan 2019 diberangkatkan untuk menjalani Praktek Kerja Industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *