Sebagai usaha untuk membantu perluasan dan gerak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, para mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita (STARKI) kelas malam mengadakan kegiatan talkshow secara daring pada Jumat 16 Desember 2022. Mengusung tema Empowering UMKM to Elevate Their Business, para mahasiswa bermaksud mengajak masyarakat untuk semakin mengembangkan usahanya dan mendorong para wirausaha atau pelaku bisnis baru bersaing secara sehat bagi ekonomi Indonesia yang lebih maju. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk aplikasi nyata praktik kolaborasi mata kuliah Event Marketing dan Manajemen Komunikasi Strategis.

Dengan tagline UMKM Naik Kelas, Ekonomi Tancap Gas, kegiatan yang dilakukan melalui media Zoom Cloud Meeting ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta, terdiri atas para pelaku UMKM dan pelaku usaha baru. Mengambil topik spesifik pada bisnis kuliner, acara ini didukung oleh para narasumber ternama seperti Joe Rivandi dan chef A. Riadh Erick.

Joe Rivandi menyampaikan bahwa dalam bisnis kuliner, beberapa bisnis yang menguntungkan diantaranya adalah berjualan:

  • gorengan
  • Aneka es dan minuman
  • Makanan cemilan (snack)
  • Aneka jus dan buah
  • Warung tenda
  • Gerobak – Toko Roti – Cafe

Diantara semua bisnis kuliner yang memungkinkan, syarat utama adalah membuat sebuah daya tarik atau perbedaan di dalam usaha agar konsumen ternotifikasi secara jelas dan menjadi tertarik untuk membeli. Hal ini bisa dilakukan melalui jenis makanan, kemasan, cara memasarkan, hingga cara menjual.

Kegiatan yang berlangsung selama 120 menit ini semakin menarik karena tidak hanya menampilkan talk show namun juga diadakan demo masak dari chef, adanya kuis dan door prize. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *