Dalam rangka menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, STARKI menyelenggarakan Program Pengenalan Kampus atau yang dikenal dengan sebutan P2K.

Program Pengenalan Kampus ini diadakan selama empat hari. Dimulai pada hari Senin, 23 Agustus 2021 dan diakhiri pada hari Kamis, 26 Agustus 2021. P2K STARKI 2021 mengangkat tema “Glory in Perseverance” yang memiliki tujuan untuk menumbuhkan semangat tangguh dalam menghadapi tantangan demi mencapai kesuksesan di kehidupan para peserta P2K. Ketangguhan yang ingin ditanamkan di P2K ini juga sejalan dengan nilai Cc5 yaitu Compassion, Celebration, Competence, Conviction, Creativity, dan Community yang merupakan nilai ciri khas STARKI.

Acara P2K STARKI 2021 dibuka dengan upacara pembukaan yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Tarakanita. Selanjutnya, terdapat kata sambutan dari Ibu Gabriella Novianty Soedjarwo, S.Pd., M.Hum. selaku Ketua Panitia P2K STARKI 2021 serta Sr. Brigitta Veronica Raimundawati CB, S.Pd., M.TPd. selaku Ketua STARKI. Setelah itu, acara P2K STARKI 2021 dilanjutkan dengan seminar interaktif yang dibawakan oleh Sr. Brigitta Veronica Raimundawati CB, S.Pd., M.TPd. selaku Ketua STARKI dan Bapak Dr. Agustinus Rustanta, S.Pd., M.Si. selaku Wakil Ketua I STARKI. Dipertengahan acara P2K STARKI 2021 juga terdapat games critical thinking yang mengajak para peserta P2K untuk berpikir secara kritis dalam mengambil suatu keputusan.

Pada hari Selasa, 24 Agustus 2021, acara P2K STARKI 2021 hari kedua diisi dengan seminar interaktif dari Sr. Yasinta Ariati CB, S.Psi., M.Si. selaku Wakil Ketua II STARKI dan Sr. Lucia Yeni Wijayatri CB, S.Pd., M.Hum. selaku Wakil Ketua III STARKI.  Selain itu, terdapat pula games yang dipandu oleh MC Jessica Sebayang dan Amelia Surya Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 berupa games dengan materi seragam dan ruangan-ruangan yang terdapat di Kampus STARKI. Tidak hanya itu, terdapat pula games lainnya yaitu games sambung kata dengan unsur kata seputar STARKI yang menarik antusias para peserta P2K. Di hari kedua juga terdapat perkenalan para pengurus Senat Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Komunikasi Tarakanita serta Himpunan Mahasiswa Sekretari Tarakanita.

Rabu, 25 Agustus 2021 merupakan hari ketiga P2K STARKI 2021. Acara diawali dengan sosialisasi penggunaan e-learning dan e-campuz. Setelah itu, para peserta P2K dibagi ke dalam tiga ruangan untuk melihat pemaparan dari masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Terdapat 6 Unit Kegiatan Mahasiswa STARKI yang membawahi beberapa club, antara lain:

  • UKM Pendidikan, membawahi club Hanyu Julebu yang merupakan club bahasa Mandarin, club Nihon Kurabu yang merupakan club bahasa Jepang dan English Club yang merupakan club bahasa Inggris.
  • UKM Kesenian, membawahi club Female Voice, club Female Band, club Traditional Dance (TRACES), dan club Modern Dance.
  • UKM Olahraga, membawahi club Basket dan club Be a Fit.
  • UKM Kewirausahaan, membawahi club Titanium (Tarakanita Independence Unique Market)
  • UKM Kerohanian, membawahi club Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) dan club Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK)
  • UKM Humas, membawahi Jurnalistik Education Tarakanita (JET Club) dan club STARKIDS

Pada hari terakhir yaitu hari Kamis, 24 Agustus 2021, acara P2K STARKI 2021 diawali dengan Webinar Kebangsaan dengan judul “Melawan Ekstrimisme dan Radikalisme bagi Generasi Muda” yang dibawakan oleh Kak Hanifah Azizah S.H., M.H selaku founder dari dasarhukum.id. Lalu, setelah itu diselenggarakanlah upacara penutupan P2K STARKI 2021 secara resmi oleh Sr. Brigitta Veronica Raimundawati CB, S.Pd., M.TPd. selaku Ketua STARKI dengan menampilkan video simbolis penerimaan Mahasiswa Baru Tarakanita (MARUTA). Selanjutnya, terdapat pula sambutan dari dosen dan karyawan, kakak tingkat, serta Nadine Cecillia selaku Ketua Senat Mahasiswa Periode 2021/2022. Acara penutupan P2K STARKI 2021 juga dihiasi dengan penampilan dari club Female Voice yang membawakan lagu “Kartini” dan juga penampilan dari club Female Band membawakan lagu “Laskar Pelangi”. Acara penutupan P2K STARKI 2021 semakin meriah dengan adanya pembacaan para pemenang dari video kelompok terbaik, twibbon dan caption terbaik, starkizen terbaik, dan juga starkizen teraktif. Selama empat hari, kegiatan P2K memberikan pengenalan awal pada mahasiswa baru dengan menanamkan nilai-nilai yang ada di perguruan tinggi. Melalui P2K ini, para peserta P2K juga dapat membangun kepribadian dan karakter agar menjadi generasi yang cerdas, kritis, berkualitas tinggi, disiplin, dan penuh tanggungjawab, serta menumbuhkan kepeduliannya terhadap lingkungan kampus dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *