Senat Mahasiswa STARKI telah menyelenggarakan kegiatan perlombaan dalam rangka
memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2021, kegiatan
tersebut merupakan ajakan kepada para pelajar untuk peduli terhadap lingkungan hidup.


Sekolah Tinggi Tarakanita atau STARKI mengemban nilai KPKC (Keadilan, Perdamaian
dan Keutuhan Ciptaan). Untuk itu, dengan menyelenggarakan kegiatan dalam rangka hari
lingkungan hidup menjadi bentuk konkret penerepan nilai tersebut. Adapun pelaksanaan
kegiatan ini merupakan program kerja dari UKM Humas dan HMKT (Himpunan Mahasiswa Komunikasi Tarakanita) yang merupakan bagian dari organisasi Senat Mahasiswa STARKI. Kegiatan lomba hari lingkungan hidup atau world environment day competition mengusung tema “Young Generation’s Act on Environmental Change” melalui tema ini harapanya adalah para pelajar di Indonesia semakin sadar dan peduli akan perubahan lingkungan yang semakin hari semakin memburuk dan dengan tema ini pula ada aksi yang ditunjukkan sebagai bentuk kecintaan terhadap bumi sebagai tempat tinggal kita. Ada tiga kategori lomba yaitu lomba fotografi, menulis opini dan membuat poster dengan target peserta dari seluruh pelajar tingkat SMA/K dan tingkat perguruan tinggi di Indonesia.


Kegiatan WEDC 2021 diselenggarakan pada tanggal 22 Mei-12 Juli 2021 secara daring. Pada tanggal 22 Mei-6 Juli merupakan waktu pendaftaran dan pengumpulan karya bagi para peserta dengan waktu penjurian terhitung sejak tanggal 7-11 Juli dan pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 12 Juli. Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan mendapat antusias baik pula dari para peserta lomba dengan diikuti oleh pelajar yang berada di pulau Jawa hingga di luar pulau Jawa seperti Sumatera, Sulawesi dan lainnya. Adapun dalam perlombaan ini para peserta lomba membuat poster dan fotografi diminta untuk mengunggah karyanya di media sosial yaitu Instagram masing-masing dengan caption yang menjelaskan makna dari karya mereka sehingga para pembaca ikut menyadari perubahan lingkungan dan mereka merasa di ajak untuk peduli terhadap lingkungan yang dimulai dari lingkungan sekitar mereka. Sehingga tujuan dari kegiatan ini, para pelajar tidak hanya di ajak untuk peduli lingkungan tetapi juga pelajar diajak untuk bisa menjadi penggerak kepedulian terhadap lingkungan bagi orang disekitar mereka bahkan masyarakat luas di Indonesia.


Pengumuman pemenang lomba diunggah pada media sosial lomba yang sudah di buat oleh panitia yaitu di Instagram @wedc.2021. Berdasarkan hasil penjurian maka diketahui para pemenang lomba WEDC 2021, yaitu dari kategori lomba membuat poster Juara I adalah Michael Nathaniel dari Universitas Binawan, Juara II Marisa Intan Prawesti dari Universitas Negeri Surabaya dan Juara Favorite Tifanny Jonathan dari SMK Strada Budi Luhur. Kemudian pemenang dari kategori lomba fotografi, yaitu Juara I Tim Greenz dari SMA Dharma Loka (Karin Saputra, Brigitta Gitanjali William dan Frisca Tung), Juara II Arief Farthur dari UNESA dan Juara Favorite Dhito Priambodo dari SMA 1 Wonosari. Untuk pemenang kategori lomba menulis opini dibedakan berdasarkan tingkat SMA/K dan tingkat perguruan tinggi, adapun pemenang dari tingkat SMA/K, yaitu Juara I Maria Erica dari SMK Strada Budi Luhur, Juara II Regine Aileen Marcela Kalesaran dari SMA Strada Budi Luhur dan Juara III Theresia Evelyn dari SMA Sutomo 1 Medan. Sedangkan pemenang lomba menulis opini dari tingkat perguruan tinggi, yaitu Juara 1 Solehatun Marfuah dari Sekola Tinggi Pariwisata Bandung, Juara II Kartika Ilma Rosyadi dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Juara III Syarrifa Fauzia Pramodya Ramadhan dari Universitas Indonesia.

Juara 1 Lomba Fotografi
Juara 1 Lomba Poster


Semua hasil karya peserta lomba baik lomba membuat poster, menulis opini maupun lomba fotografi semuanya merupakan hasil karya terbaik dari para peserta dan orisinil karya mereka sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *