HARI Rabu, 4 November 2020 ini para suster Kongregasi Suster-suster Cinta Kasih Carolus Borromeus (CB) merayakan peringatan Carolus Day. Tak ketinggalan dengan para suster-suster CB di berbagai tempat, para Suster-suster yang berkarya di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STARKI) juga keluarga besar STARKI turut memperingati perayaan ini.

Dibanding dengan perayaan-perayaan sebelumnya, perayaan Carolus Day pada tahun 2020 ini agak berbeda karena situasi Pandemi yang masih menyelimuti bangsa Indonesia juga dunia. Tahun-tahun sebelumnya, perayaan Carolus Day di STARKI biasa diperingati dengan Misa dan acara ramah tamah keluarga besar STARKI yang juga dihadiri perwakilan para mahasiswa. Namun untuk tahun ini, peringatan Carolus Day di STARKI dirayakan dengan Misa secara Online yang akan diadakan pada Senin, 9 November 2020 melalui media Zoom. Selain Misa, pada peringatan CB Day tahun ini, STARKI juga memberikan promoSI gratis biaya pendaftaran masuk STARKI bagi para siswi-siswi SMA-SMK di seluruh Indonesia dari tanggal 4 – 14 November 2020.

Selain Misa pada Senin, 9 November esok dan potongan gratis pendaftaran masuk STARKI, pada Rabu, 4 November 2020 ini segenap civitas STARKI juga diajak untuk mengikuti Perayaan Ekaristi secara live streaming Youtube @Suster CB Indonesia yang menyiarkan secara langsung Perayaan Ekaristi St. Carolus Borromeus dari Kapel Maria Bintang Samodra, Yogyakarta. Misa ini dipimpin oleh Romo Yohanes Dwi Harsanto Pr. Dalam Ekaristi ini, Romo Dwi Harsanto mengajak umat untuk bersyukur atas berkat Tuhan kepada Konggregasi CB yang telah melaksanakan karya-karyanya dengan baik sampai saat ini dan berkat Tuhan dapat menghasilkan buat berlimpah. Romo Dwi juga mengajak umat untuk mohon berkat atas karya perjalanan Para Suster CB selanjutnya, “Supaya dengan doa-doa Santo Carolus Borromeus pelindung mereka, kongregasi CB sungguh-sungguh dapat merasakan keuatan Tuhan dan mengambil inspirasi juga semangat dalam karya khususnya di masa Pandemi ini,” ujarnya.

Perayaan Carolus Day adalah perayaan pesta pelindung Konggregasi Suster-suster Cinta Kasih Carolus Borromeus (CB) yaitu Santo Carolus Borromeus. Perayaan ini biasa diperingati pada tanggal 4 November mengambil tanggal dan bulan dimana St Carolus diangkat menjadi Santo dalam Gereja Katolik.

Santo Carolus Borromeus dilahirkan di istana Rocca d’Arona, tepi danau Maggiore, Italia pada tanggal 2 Oktober 1538. Ia merupakan anak keluarga bangsawan dan juga putera kedua dari enam bersaudara. Ayahnya, Giberto Berromeo, merupakan seorang yang saleh dan berbakat, sedangkan ibunya, Margherita de’Medici, adalah saudari Paus Pius IV (1846-1878). Di kemudian hari, St Carolus menjadi Kardinal dan Uskup Agung Milano. Dari seluruh kisah kehidupan dan karyanya, dapat dikatakan bahwa St Carolus sudah ditentukan Tuhan sejak lahirnya untuk menjadi pelayan Allah bagi kemajuan Gereja-Nya.

Kurang lebih 40 tahun setelah adanya Reformasi Protestan, Tuhan menggerakkan St Carolus untuk membantu Paus dalam usahanya memperbarui Gereja. Pada usia 22 tahun, St Carolus diangkat menjadi Kardinal oleh pamannya, Paus Pius IV. Pada saat itu, St Carolus juga menjabat sebagai sekretaris negara, ia pun menjadi orang penting di Kuria Roma. Namun seiring berjalannya waktu, St Carolus meminta kepada Paus agar ia dibebaskan dari tugasnya di Kuria Roma, sehingga ia dapat lebih memusatkan perhatiannya untuk memperbarui keuskupannya, keuskupan Milano.

St Carolus juga mempunyai perhatian bagi mereka yang dianggap hina oleh kebanyakan orang, khususnya orang-orang sakit. Hal ini dapat dilihat ketika ada wabah sampar yang ganas menyerang daerah tempat tinggalnya, Milano, pada tahun 1576. Dengan kerelaan hati yang besar, St Carolus menjadikan tempat tinggalnya sebagai rumah sakit. Ia sendiri juga memberikan pelayanan sebagai perawat dan pembimbing rohani para pasien. Selain orang-orang sakit, St Carolus juga mempunyai perhatian besar kepada orang-orang miskin. Ia membagikan kekayaannya kepada orang-orang miskin serta menyisihkan banyak dana untuk beasiswa bagi anak-anak yang berasal dari keluarga yang berkekurangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *