WISUDA V S1 dan WISUDA XXII D3

STIKS TARAKANITA

MANDIRI, PROFESIONAL, BERINTEGRITAS

Sabtu, 20 Februari 2016

Manggala Wanabhakti, Jakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) Tarakanita menyelenggarakan Wisuda IV bagi lulusan S 1 Ilmu Komunikasi dan Wisuda XXI bagi lulusan D3 Sekretari. Penyelenggaraan wisuda ini merupakan pengukuhan bagi para lulusan, berdasarkan Putusan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita nomor: 0230/STIKS-TAR/AT 2.4/I.1/II/2016 tentang Pengukuhan Lulusan.

Peserta wisuda tahun ini sebanyak 227 orang, terdiri dari 34 orang lulusan Program Strata 1 Ilmu Komunikasi dan 193 orang lulusan Program Diploma 3 Sekretari. Para lulusan yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3.50, berjumlah 24 orang (terdiri dari 6 orang Sarjana Ilmu Komunikasi dan 18 orang Ahli Madya Sekretari). Para lulusan ini mendapatkan piagam penghargaan sebagai lulusan terbaik.

Dari ke-24 lulusan ini, 6 diantaranya mendapatkan pin emas karena meraih IPK diatas 3.80. Keenam lulusan ini adalah 5 orang dari lulusan program studi D3 Sekretari dan 1 orang lulusan dari program studi S1 Ilmu Komunikasi.

Wisudawan lulusan terbaik dengan IPK tertinggi 3,87 diraih oleh Kamilia Latifah dari Program Studi Sekretari Diploma Tiga.

Dengan bekal keterampilan, ilmu pengetahuan, dan kepribadian baik yang diperoleh selama kuliah, sebagian besar dari para wisudawan sudah bekerja di perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

Tema yang diusung dalam wisuda kali ini adalah “Mandiri, Profesional, dan Berintegritas”. Tema wisuda STIKS Tarakanita ini mengacu pada apa yang saat ini terjadi di kalangan muda Indonesia. Jiwa mandiri dan professional masih kurang dan harus terus ditingkatkan.

Menuju Indonesia yang lebih baik menuntut kemandirian dan profesionalitas lulusan dalam menjalankan tugasnya di bidangnya masing-masing, dengan dibalut nilai integritas yang tinggi. Nilai-nilai soft skills inilah yang harus muncul, terus dibangun dan dihidupi agar para lulusan dapat menjadi agen perubahan demi Indonesia yang lebih baik.

Tema wisuda ini juga dipilih sebagai perwujudan dari nilai-nilai yang terdapat pada motto STIKS Tarakanita, yaitu “Menghasilkan Lulusan yang Profesional, Bermoral, dan Berwawasan Global”.

Dalam laporan akademiknya, Suster Fransisca Dwina Arintowati CB, S.Psi., M.A.Ed. selaku Ketua STIKS Tarakanita, menyampaikan bahwa sebagai lembaga pendidikan tinggi, STIKS Tarakanita memiliki visi untuk “menjadi terkemuka dalam mewujudkan insan cendikia yang berbelarasa, professional, bermoral, dan berwawasan internasional”. Oleh karena itu,  seluruh jajaran manajemen STIKS Tarakanita menerjemahkan visi tersebut dalam suatu dokumen Rencana Strategis STIKS Tarakanita 2015- 2016.

Hal ini sejalan dengan arah pengembangan STIKS Tarakanita pada tahun 2015- 2019 yang memiliki focus pada Optimalisasi Sumber Daya. Inilah salah satu proses yang merupakan tahapan menuju arah jangka panjang di tahun 2024, yakni menjadi pusat keunggulan ilmu komunikasi dan sekretari (center of excellence of communication and secretarial study) baik secara nasional maupun intenasional.

Dalam wisuda kali ini, para wisudawan juga mendapat pengayaan berupa Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Ibu Mien R. Uno dengan judul “Etiket dan Total Image”. Materi yang diberikan ini diharapkan dapat memperluas cakrawala pandang para wisudawan dalam menapaki karir di dunia kerja, sehingga akhirnya mereka dapat menjadi individu- individu yang mandiri, professional, dan berintegritas.

Sumber:

Panitia Wisuda WISUDA V S 1 dan WISUDA XXII D 3 STIKS TARAKANITA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *